Facebook Twitter Google+
Welcome to my Blog Subscribe

E-market Place Sebagai Sarana Transaksi Lelang Online

BAB I
Pendahuluan

Di dalarn dunia bisnis dewasa ini peranan internet telah dirasakan semakin penting dan berarti, karena dengan rnelalui Internet pula para pelaku bisnis dapat melakukan transaksi bisnisnya secara online dimanapun berada. Tanpa adanya internet, para pelaku bisnis yang terpisah oleh jarak dan waktu dapat dipastikan akan mengalami masalah dan kesulitan dalam hal waktu dan biaya didalam melakukan transaksi bisnisnya. Oleh karena rnanfaat inilah maka pengguna aplikasi bisnis berbasiskan internet diyakini akan terus berkembang, baik dan segi jangkauan yang semakin mendunia maupun pernakaiannya.
Saat ini para peLaku bisnis pada umumnya masih melakukan transaksi bisnisnya secara manual melalui tatap muka secara langsung ataupun rnelalui telepon. Sayangnya  kadang-kadang muncul permasalahan seperti janji untuk pertemuan yang tidak bisa ditepati ataupun tidak ada di tempat pada saat dihubungi. Dan sisi supplier, mereka dituntut untuk senantiasa berada di tempat untuk memenuhi perrnintaan pemesanan dan pihak customer.
Sedangkan di sisi lainnya yaitu tuntutan kerja yang mengharuskan mereka untuk keluar secara aktif dalam memperluas jaringan penawaran produknya kepada customer yang ada. Memakai telepon selular menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan, akan tetapi rnasih terdapat kemungkinan tidak terpenuhinya permintaan customer pada saat telepon sedang dipakai atau sibuk. Hal ini tentunya dapat mengurangi produktivitas penjualan produk mereka.
Dari sisi customer, mereka seringkali mengalarni kesulitan dalam menghuhungi pihak  supplier seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kesulitan yang terjadi juga dalam bisnis adalah dimana supplier kesulitan dalarn memasarkan produk dan menemukan pembeli yang tepat. Begitu juga dengan pihak customer kesulitan dalam mencari produk-produk yang dibutuhkan.
Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut di atas. maka dirancanglah suatu aplikasi e-market place, yang diharapkan dapat menjadi tempat bagi customer maupun supplier dalam memasarkan dan mencari produk yang dibutuhkan Aplikasi yang dibangun ini didasarkan pada konsep business to business (B2B), dimana aplikasi ini akan menjadi tempat pertemuan antara pihak supplier-customer baik dalarn mernasarkan produk maupun mencari produk yang dibutuhkan, dirnana pihak supplier dan customer berupa suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang tertentu. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan supplier dan customer untuk melakukan proses tawar menawar dimana yang mempunyai penawaran dengan harga rendah atau membeli dengan harga yang tinggi maka supplier atau customer tersebut yang akan mernenangkannya.

BAB II
E-market Place

A. E-market Place
Elecronic market place adalah suatu bentuk pasar elektronik (virtual market) dimana pembeli dan penjual bertemu dan dihubungkan melalui suatu transaksi elektronik (online) yang dapat diakses secara cepat, aman dan dapat dilakukan dan mana saja dan kapan saja (terbebas dan jam kerja suatu tempat).
Electronic market place memiliki banyak keuntungan, baik dan segi pembeli maupun penjual seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Keuntungan untuk pembeli:
·     Mempermudah pencarian dan pembandingan produk beserta segala informasi terbaru baik secara kualitas maupun harga sesuai yang diinginkan dan berbagai supplier yang ada.
·         Pembeli mendapatkan harga yang bersaing karena adanya persaingan harga antar supplier secara global.
·         Mengurangi biaya pengadaan barang atau purchasing cost
Keuntungan untuk penjual:
·         Electronic market place mempermudah pencarian pembeli-pembeli baru
·         Penjualan dapat dikembangkan ke segala pelosok dunia
·         Dapat menjadi sarana promosi produk/service 24 jam sehari dan 7 hari seminggu sehingga mengurangi ongkos promosi.
·         Mengurangi biaya transaksi dan sales.
·         Memperbesar kemungkinan bagi industri kecil untuk ikut serta  berkompetisi dalam memasarkan produknya.
·         Memungkinkan perusahaan untuk memantau dan menganal isa supply  pasar, market demand (permintaan pasar) dan tren pembeli.

B. Penawaran (Bidding,) dan Lelang (Auction)
Dalam suatu market place umumnya terdapat penawaran yang diajukan oleh pihak pembeli. dimana setiap pembeli dapat mengajukan penawaran terhadap produk yang ditawarkan oleh pihak penjual. Secara umum pihak penjual akan memilih pihak pembeli yang menawarkan harga tertinggi. Dalam kasus tertentu penawaran (bidding) hanya dapat diajukan I kali sedang dalam kasus lain pihak pembeli dapat mengajukan penawaran berulang-ulang kali, yang disebut lelang (auction).
Salah satu kunci keberhasilan daLam menjalankan e-market adalah isi dari website seperti: intormasi tentang detail produk dan harga, dimana informasi ini penting bagi pembeli untuk membuat keputusan dalarn melakukan pembelian. Inforrnasi lainnya seperti industry news juga berdampak besar untuk mendukung suksesnya e-market itu sendiri. Pihak ketiga atau intermediary dalam e-market juga sangat membantu buyers atau sellers untuk saling bertemu satu sama lain secara bersarnaan. Dan ketika produk. inventorv dan harga dan produk berubah secara cepat, maka intermediary dapat mengumpulkan sernua informasi dan membuat user mudah untuk melakukan pencarian.

LeIang (Auction) berdasar tipenya dibagi menjadi
1)      Lelang tradisional (traditional auction)
Tipe lelang ini memiliki beberapa kekurangan, secara umum tipe Ielang ini hanya berlangsung beberapa menit atau bahkan detik untuk tiap barang yang dijual. Hal ini akan membuat pembeli yang potensial hanya memiliki sedikit waktu untuk mengambil keputusan sehingga dimungkinkan mereka tidak memberikan penawaran. Hal ini akan merugikan penjual karena tidak berhasil mendapatkan kemungkinan harga tertinggi tipe ini juga merugikan pembeli karena dimungkinkan pembeli membayar terlalu tinggi karena keputusan yang dibuat pada waktu yang teramat singkat. Secara umum pihak pembeli juga diharuskan untuk datang pada saat pelelangan, sehingga hal ini dapat mengurangi jumlah pembeli potensial yang ada.
2)      Lelang elektronik (electronic auction)
Pada tipe lelang ini penjual akan menawarkan pelelangan barang secara elektronik dirnana pihak pembeli dapat mengajukan penawaran harga berulang kali hingga pada suatu jangka waktu yang telah ditctapkan (umumnya selama beberapa hari). Penjual umumnya akan memberikan detail informasi barang secara online dan harga terendah yang dapat diterima oleh penjual. Data pada webs ite akan ter-update secara terus menerus sesuai dengan harga penawar tertinggi dan umumnya pihak penawar akan dikodekan untuk alasan privacy.

BAB III
Desain dan Implementasi

Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman berupa script ASP (Active Server Page) versi 2.0. Sebagai web server digunakan IIS (Internet Information Service) versi 5.0. Web server IIS ini terdapat pada sistem operasi Windows 2000.
Sedangkan untuk melakukan penyimpan data. digunakan database Microsoft Access.

A. Perancangan Database
Aplikasi e-market ini  membutuhkan database yang digunakan pada web untuk menciptakan aplikasi yang dinamik dan interaktif. Kegunaan database pada adalah untuk menyimpan data user, data item dan data transaksi lelang.

B.  Perancangan Website
Pada aplikasi ini pada sisi customer, digunakan sistem shopping cart untuk menyimpan data barang sementara yang telah dipilih oleh user. Konsep ini mirip dengan konsep berbelanja di supermarket dimana user membawa kereta barang untuk menempatkan barang yang hendak dibeli sebelum membayar barang tersebut di kasir.
Untuk perancangan website ini dibuat mulai dan tampilan awal hingga tampilan shopping cart. Style dalarn aplikasi e-,market ini menggunakan tampilan web yang konsisten. User hanya dihadapkan pada halarnan yang simple (mudah) dan style tertentu. sehingga memudahkan user  dalam melakukan aktivitas browsing.

Pada haLarnan utama ini disajikan menu, kategori, tempat login, kotak pencarian dan berita menarik. Menu awal direncanakan terdiri dan beberapa bagian:
1. Header, adaLah bagian atas yang tampak sama di setiap halaman.
2. situs Spesial & Kategori juga merupakan menu utama yaitu home, produk barn dan kategori harang. Home merupakan navigasi untuk kembali ke halaman awal, produk baru untuk menampilkan produk terbaru, sedangkan kategori adalah untuk menampilkan produk dengan kategori tertentu.
3. Kotak Login ditampilkan apabila user belum melakukan login sehingga dapat mengisi login dan password untuk login. Bila user telah login, maka bagian ini akan terganti menjadi daftar menu untuk user.
4. Daftar, akan menampilkan form pendaftaran dan pada bagian Informasi akan diganti dengan form pendaftaran
5. Petunjuk, akan ditampilkan informasi dan syarat pendaftaran.
6. Banner & Footer, bagian akhir yang tampak sama di setiap halaman

Setelah user melakukan login. maka dan halaman utarna akan berganti menjadi halaman yang berisi menu yang dapat diakses oleh user. User disini bisa berupa supplier ataupun customer. Menu ini digunakan user untuk merubah company profile, rnenambah produk, edit produk, melihat lelang, dan shopping cart. Selain itu user juga dapat melihat hasil lelang atau menutup lelang. Jika lelang ditutup oleh user, maka secara otomatis server akan mengumumkan kepada seluruh bidder tentang pemenang lelang. 

Jika user memilih untuk melihat salah satu produk, maka akan ditampilkan halaman detail dan produk yang dimaksud. Pada halaman detail produk, user dapat melihat informasi produk secara detail yang ditampilkan mulai dari nama, profil, harga, dan fitur produk. 


BAB IV
HASIL APLIKASI

Dan perencanaan di atas, maka dibuat aplikasi e-market ini Hasil aplikasi untuk halaman utama.
Halaman utama ini ialah halaman yang tampil pertama kali jika terdapat seseorang yang menuju ke alamat (URL) web e-maket ini. Fasilitas yang terdapat pada halarnan utama ini berbeda bagi user yang non authorized (user umum). dengan user yang ter-authorized (user yang sudah mempunyai login dan password pada website). Perbedaannya, jika user non authorized tidak dapat melakukan transaksi apapun tetapi hanya meLihat informasi saja. sedangkan untuk user ter-authorized dapat melakukan semua transaksi yang ada di e-market.
user ter-authorized dapat berperan sebagai supplier ataupun customer. Untuk user, baik sebagai supplier ataupun customer rnempunyai menu yang dapat diakses setelah user yang bersangkutan melakukan login. 

Jika user adalah supplier, maka user dapat rnemasukkan produk yang hendak ditawarkan yang sekaligus membuka Ielang serta dapat mengetahui hasil lelang tersebut. Jika Ielang telah melebihi batas waktu yang ditentukan maka lelang ini secara otomatis akan dilutup oleh sistem. Tetapi supplier juga dapat melakukan penutupan lelang secara manual.

Jika lelang ditutup oleh sistem ataupun supplier melakukan penutupan lelang, maka secara otomatis semua user yang menawar pada lelang tersebut akan dikirirn sebuah email konfirmasi yang menginformasikan pemenang lelang tersehut.
Untuk user yang bertindak sebagai customer, terdapat fasilitas shopping cart yang dapat rnenyirnpan sementara data produk yang dimi nati oleh customer tersebut. 
Untuk mengikuti lelang, maka customer diharuskan mengisi penawaran yang lebih tinggi dan harga minimum yang ditawarkan oleh supplier atau penawaran yang sudah ada.
Setelah selesai melakukan penawaran, maka customer hanya perlu rnenunggu email konfirmasi yang akan dikirirn oleh sistem pada saat lelang tersebut ditutup.


BAB V
KESIMPULAN

Dari hasil aplikasi e-market yang dikembangkan ini. maka dapat ditarik beberapa kesimpulan:

·     Aplikasi ini rnernungkinkan perusahaan untuk tidak mempunyai bangunan fisik dalarn melakukan transaksi bisnisnya.
·         Dengan adanya fasilitas search pada aplikasi ini maka, user dapat memperoleh informasi tentang produk yang ditawarkan, produk yang dicari, produk yang dilelang, dan informasi tentang perusahaan yang tergabung dalam e-market.
·         Aplikasi ini juga membantu user untuk memperluas jaringan bisnisnya, karena aplikasi inl dapat diakses diseluruh dunia.
Tags: ,
Click button bellow as donation for this site

Stay Connected With Free Updates

If you liked the article on this blog, please enter your email in the form below for a free subscription via email. That way you will get article submissions each Dayerz Review create a new article.
Don't forget to follow us on facebook & twitter.
Subscribe via Email
INFO : Buat sobat blogger yang suka dengan artikel saya, silahkan anda share di mana saja anda suka (blog, facebook, twitter, etc). Namun, bila berkenan mohon cantumkan link sumber dari artikel yang sobat blogger share (copy/paste)...
Terima kasih.

2 komentar

  1. makasih gan infonya, ijin copas ya buat tugas kul nih..

  2. @Deniez: Sama-sama sobh, monggo silahkan kalau sekiranya artikel ini bermanfaat..

Leave a Reply